Do you have any suggestions for us on how we can improve our service or our website? Did you find what you needed? Was it accurate and complete? Do you need a forum or any addition to our service? Let me know what you think! Your comments are sincerely appreciated! Thank you for your visit. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to us :)

Saturday, December 14, 2019

Ancaman TROJAN dan MALWARE Bagi Keamanan Situs Web Blogspot Anda

Sudah bukan rahasia lagi ada banyak bahaya yang mengintai perangkat anda jika mengunduh konten secara langsung dari Internet tanpa terlebih dahulu melengkapi "persenjataan" pada Laptop anda seperti Anti Virus (Kapersky, AVAST, dll). Sebab jika tidak, akan mengalami apa yang saya alami sekarang. Laptop dihantam serangan MALWARE.

Untuk dampak buruk akibat serangan MALWARE mungkin kawan kawan bisa searching sendiri di google dengan menggunakan kata kunci apa saja yang berkaitan dengan Malware. Namun yang saya rasakan saat laptop saya pertama kali diyakini telah mendapat serangan Malware dan Trojan pada tanggal 8 Desember 2019 sekitar jam 17.00 WIB sore hari. Dugaan pertama kenapa sampai kena serangan Malware ini karena beberapa hari sebelumnya saya memburu software gratisan Video Editor untuk youtube. Saya memang sedang mencari software gratisan yang bisa didownload untuk mengolah video untuk dpublish di youtube.



ebaiknya lengkapi sistim keamanan website anda dengan menggunakan beberapa tools penangkis ancaman Virus Malware dan Trojan seperti menggunakan SSL Indonesia yang terbukti ampuh dan mampu menangkal segala bentuk ancaman virus yang mengintai keamanan situs web blogspot anda

Software Video Editor versi gratisan di dapat.
Bonus Langsung Virus MALWARE

Tadinya saya tidak tau jenis serangan virus apa yang mengantam perangkat Laptop AXIOO jadul saya. Saya melihat lihat file file ekstensi BSD kalau tidak salah ada di semua flle file yang ada di folder laptop saya dan itu sama sekali tidak dapat dibuka. Beberapa file langsung terdapat gambar GEMBOK yang menandakan sang virus berhasil lock (mengunci) file. Tidak sampai di situ saja semua file file berbentuk video (MPEG) juga tidak dapat dibuka atau dimainkan. Bahkan beberapa folder file itu "disembunyikan" oleh Malware atau istilah populernya di HIDDEN oleh sang Malware

Yang lebih menakutkan lagi adalah data data rahasia bisa disadap atau dbajak kepada si peretas yang menyebarkan MALWARE ini termasuk data data perbankan, password dan lain sebagainya. Jelas ini merupakan ancaman yang besar bagi keamanan komputer dan jaringan komputer saya. 


Cara Meningkatkan Keamanan Situs Web WordPress Anda dalam 12 Langkah Mudah

Dengan lebih dari 75 juta pengguna online, tidak ada keraguan bahwa WordPress adalah platform yang disukai dalam hal pengembangan situs web untuk bisnis apa pun. Situs web populer seperti New York Times, eBay, Best Buy, dan Jay-Z diberdayakan oleh WordPress, yang juga memberi daya lebih dari 34% dari dunia online pada tahun 2019.

Sebagai hasil dari popularitasnya, WordPress juga, sayangnya, menjadi target penjahat cyber di seluruh dunia. Statistik industri mengungkapkan bahwa sekitar 90.000 serangan dicoba di situs WordPress setiap menit! Maka tidak mengherankan bahwa pemilik situs web WordPress selalu khawatir tentang menjaga situs web mereka aman dan aman. Dalam artikel ini, mari kita evaluasi mengapa keamanan WordPress itu penting, bersama dengan 12 langkah mudah yang pasti dapat meningkatkan keamanan situs web Anda.

Mengapa Menjaga Website WordPress Anda Aman sangat Penting
Apa yang dilakukan peretasan terhadap situs web Anda? Bergantung pada jenis serangannya, peretas dapat mencuri data bisnis atau informasi pelanggan, mengarahkan lalu lintas situs web ke situs web phishing lain yang tidak diminta, atau menggunakan pintu belakang untuk merusak situs web yang sama berulang kali. Selain itu, peretas mengeksploitasi kerentanan keamanan yang ditemukan di versi WordPress apa pun untuk menargetkan situs web lain menggunakan versi yang sama.

Peretasan yang berhasil dapat secara serius merusak reputasi online yang diperoleh dengan susah payah dari bisnis apa pun, karena dapat mengusir lalu lintas masuk dan pelanggan potensial, memengaruhi kecepatan dan kinerja situs web, dan bahkan berdampak pada pendapatan bisnis dalam jangka panjang. Ini adalah beberapa alasan mengapa setiap pemilik situs web atau bisnis WordPress tidak mampu menganggap enteng keamanan situs web.


Jadi, bagaimana Anda meningkatkan keamanan WordPress Anda? Berikut adalah daftar 12 langkah keamanan yang disusun yang mudah untuk diterapkan oleh pengguna WordPress. Meskipun langkah-langkah ini tidak dapat sepenuhnya menghilangkan bahaya serangan, mereka pasti dapat meningkatkan keamanan Anda secara keseluruhan dan mempersulit peretas untuk merusak situs Anda.

Jadi, mari kita mulai.
Langkah 1: Pencadangan Reguler dari Situs WordPress Anda
Baik itu perusahaan E-commerce atau platform jejaring sosial, tidak ada perusahaan yang mampu kehilangan data bisnis mereka, baik itu data pelanggan, komentar online, permintaan pelanggan, atau transaksi keuangan. Kehilangan data dapat terjadi karena berbagai alasan termasuk pelanggaran data yang berhasil dalam serangan cyber, kesalahan manusia, atau kegagalan sistem perangkat keras.

Mengambil cadangan atau salinan reguler dari seluruh data situs web Anda adalah tindakan pengamanan terbaik terhadap kehilangan data. Cadangan memastikan bahwa jika terjadi kegagalan situs web, data Anda dapat diambil dengan mengembalikan cadangan yang disimpan.


Apa sajakah cara mengambil cadangan dan mana yang lebih disukai?
Pencadangan manual yang dapat Anda lakukan sendiri asalkan Anda memiliki pengetahuan dan keahlian teknis yang diperlukan.Cadangan dilakukan oleh penyedia host web WordPress Anda.


Gunakan plugin cadangan otomatis yang mudah digunakan dan mudah dijalankan oleh pengguna WordPress. Plugin populer seperti Updraftplus, BlogVault dan Backupbuddy dapat diinstal dan diaktifkan di situs WordPress Anda hanya dalam beberapa menit.


Langkah 2: Menjalankan Situs Web Anda di Versi WordPress Terbaru
Berikut adalah stat yang membuka mata yang diabaikan oleh sebagian besar pengguna situs web WordPress: Sekitar 60% situs web WordPress yang dikompromikan ditemukan berjalan pada versi yang lebih lama atau kedaluwarsa.

Sebagai alat open-source, WordPress secara teratur merilis versi utama bersama dengan pembaruan kecil (yang biasanya berisi perbaikan bug atau keamanan). Meskipun Anda dapat mengonfigurasi alat WordPress Anda untuk meningkatkan secara otomatis ke perbaikan kecil pembaruan (misalnya, versi 5.2.1), versi WordPress utama hanya dapat diinstal melalui intervensi manual Anda.

Jadi, sebagai langkah pengamanan, selalu periksa versi WordPress yang saat ini memberi daya pada situs web Anda dan tingkatkan ke versi terbaru yang dirilis (versi 5.2 dirilis pada Mei 2019). Untuk melakukan ini, Anda perlu mengunduh versi WordPress terbaru dari repositori WordPress resmi dan kemudian menginstalnya setelah masuk ke akun WordPress Anda (seperti yang ditunjukkan di bawah).


Langkah 3: Gunakan Versi WordPress Plugins / Tema yang Diperbarui
Sementara versi WordPress yang ketinggalan jaman dapat menyebabkan masalah keamanan, hal yang sama dapat disebabkan oleh plugin / tema WordPress usang yang dipasang di situs web Anda. Sebuah studi baru-baru ini memperkirakan bahwa dari 4.000 kerentanan terkait keamanan yang diketahui di situs WordPress, 54% disebabkan oleh plugin yang ketinggalan zaman, sementara tema yang usang menyebabkan 14,5%.

Penggunaan plugin / tema yang sudah ketinggalan zaman di situs WordPress merupakan peluang bagi peretas untuk mengeksploitasi masalah keamanan dan merusak seluruh situs web. Plugin / tema yang kedaluwarsa juga dapat menyebabkan masalah ketidakcocokan di situs web Anda.

Jadi, selain menggunakan versi WordPress terbaru, ingatlah untuk memperbarui semua plugin / tema Anda saat ini ke versi terbaru mereka. Selain itu, untuk tujuan keamanan, unduh plugin / tema Anda hanya dari sumber tepercaya seperti plugin WordPress resmi / repositori tema atau dari pengembang plugin / tema terkenal.

Langkah 4: Hapus semua Plugin / Tema yang Ditinggalkan
Mengelola plugin dan tema yang terinstal tidak hanya terbatas untuk memperbaruinya ke versi terbaru yang tersedia tetapi juga tentang mengambil stok semua plugin / tema yang ditinggalkan di situs WordPress Anda. Apa itu plugin / tema yang ditinggalkan? Mereka yang tidak lagi didukung atau dikembangkan secara aktif oleh pengembang pihak ketiga. Peretas dapat dengan mudah mengendalikan situs web Anda jika berisi sejumlah besar plugin / tema yang ditinggalkan.

Tinjau semua plugin / tema yang terinstal yang tidak memiliki pembaruan terbaru yang tersedia dan hapus dari instalasi WordPress Anda. Atau, Anda dapat menggantinya dengan plugin / tema lain yang sedang dikerjakan secara aktif oleh perusahaan masing-masing.

Langkah 5: Batasi Jumlah Plugin / Tema yang Dipasang
Sudahkah Anda menginstal ratusan plugin / tema di situs WordPress Anda? Jika ya, maka Anda mungkin tidak lagi menggunakan banyak plugin dan tema ini. Sejumlah besar plugin / tema yang terpasang dapat memperlambat kecepatan situs web Anda dan menyebabkan masalah keamanan. Selain itu, akan sulit untuk terus memperbarui plugin / tema yang tidak lagi digunakan.

Singkirkan plugin yang tidak perlu di situs Anda dan simpan hanya plugin yang menambah nilai signifikan pada fungsionalitas dan desain situs web Anda. Anda dapat memilih untuk mengganti plugin / tema yang tidak digunakan dengan alternatif yang lebih baik atau menghapusnya sepenuhnya dari instalasi.

Mudah dijalankan, masing-masing dari tiga langkah terakhir dapat menghasilkan pengelolaan plugin / tema WordPress yang efisien dan meningkatkan keamanan WordPress Anda.




Cara Mengurangi Dampak Negartif Virus Trojan
1. Jangan Pernah Buka Lampiran pada Email
Dalam setiap penggunaan email, pasti ada banyak email yang bermunculan, baik di inbox ataupun spam. Nah, dari pesan-pesan tersebut, tidak sedikit yang menyisipkan lampiran. Biasanya, file tersebut memiliki format .VBS, .EXE, .BAT, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kalau ada pesan masuk di email yang tidak diketahui, diamkan saja atau hapus pesan tersebut.

2. Uninstall Program yang Mengerikan
Cara selanjutya adalah kamu harus memeriksa secara rutin program-program yang ada di komputer kamu. Pasalnya, jika Trojan menyerang, maka dapat dipastikan kalau akan ada banyak program yang terinstal tanpa kamu sadari. Jika begitu, hapus dan uninstall program tersebut, karena akan berdampak mengerikan brader.

3. Buka Registry Editor
Untuk membuka Registry Editor, maka kamu harus menjalankan program Run terlebih dahulu atau mengaksesnya dengan tombol Windows+R. Selanjutnya, kamu akan melihat HKEY_CURRENT_USER. Dengan begini, kamu dapat melihat program apa saja yang terinstal secara tiba-tiba tanpa kamu ketahui. Jika kamu bingung dan merasa program tersebut penting, maka browsing saja nama program itu. Jika itu terbukti Trojan, segeralah hapus.

4. Update Antivirus dan Antimalware
Untuk menghapus dan membuang segala macam Trojan, kamu bisa menggunakan antivirus dan antimalware pada komputermu. Salah satu yang bisa kamu andalkan adalah Comodo Internet Security. Atau, Kamu bisa membaca artikel 5 Antivirus Komputer Terbaik dan Gratis Januari 2016.

Poin terakhir ini, wajib kamu lakukan apabila kamu benar-benar sudah muak dengan Trojan dan segera ingin menghapusnya. Kamu bisa masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 saat komputer baru dinyalakan. Kemudian, pilih Safe Mode dan setelah itu, lakukan scan dalam mode ini.

Semua hal di atas ini menjelaskan apa itu Trojan dan bagaimana solusi untuk menghilangkannya serta menghindarinya, yang dikutip dari TechViral. Semoga, artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu. Share pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ya.

5. Scan Dalam Safe Mode
Poin terakhir ini, wajib kamu lakukan apabila kamu benar-benar sudah muak dengan Trojan dan segera ingin menghapusnya. Kamu bisa masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 saat komputer baru dinyalakan. Kemudian, pilih Safe Mode dan setelah itu, lakukan scan dalam mode ini.

Semua hal di atas ini menjelaskan apa itu Trojan dan bagaimana solusi untuk menghilangkannya serta menghindarinya, yang dikutip dari TechViral. Semoga, artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu. Share pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ya.

Bahaya MALWARE

Jika komputer terserang Malware, maka Anda harus waspada dan segera lakukan pembersihan dengan antivirus yang ampuh. Jika tidak maka akan banyak sekali program, aplikasi, software, dan bahkan data di dalam komputer yang rusak dan hilang dengan sendirinya. Akan menjadi masalah besar ketika data atau program yang rusak sangat penting dan berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis Anda.

Biasanya ancaman Malware bisa masuk dari internet, kemudian menyebar ke dalam sistem komputer. Bahaya dari serangan Malware memang menimbulkan risiko dan dampak buruk yang luar biasa. Bahkan pada tahun 2000 terjadi serangan Malware dengan nama virus ILOVEYOU yang merusak jutaan komputer perusahaan ternama di Amerika, salah satunya milik CIA.

Cara Mencegah Malware
Selain menggunakan antivirus, Anda juga harus melakukan beberapa tindakan pencegahan lain. Hal ini dikarenakan ternyata antivirus saja tidak mampu membunuh dan mencegah ancaman Malware pada komputer. Beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

  • Jangan sembarangan membiarkan flashdisk sembarangan keluar komputer atau laptop Anda.
  • Gunakan password untuk melindungi komputer dan laptop dari cyber crime atau tindak kejahatan lainnya.
  • Gunakan lebih dari satu antivirus sebagai tindakan pencegahan, kemudian Anda harus rutin mengupdate program antivirus agar proteksinya lebih canggih.

Ancaman Malware memang terkadang tidak bisa dihindari walaupun sudah memiliki sistem keamanan atau antivirus yang cukup bagus. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara pencegahan yang dapat dilakukan,salah satunya menggunakan Office 365 dengan proteksi khusus untuk email agar terhindar dari ancaman Malware. Dapatkan penawaran Microsoft Office 365 dengan harga terjangkau di sini! (Artikel ini  Berbagai SUMBER dan REFERENSI)


 





0 comments:

Post a Comment